Jumat, 08 April 2011

Inflasi

    Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga -harga secara umum dan terus - menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas dipasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi.

Penyebab terjadinya inflasi ada dua, yaitu tarikan permintaan dan desakan biaya
   
    Inflasi tarikan permintaan terjadi akibat adanya permintaan total yang berlebihan dimana biasanya dipicu oleh membanjirnya likuiditas di pasar sehingga terjadi permintaan yang tinggi dan memicu perubahan pada tingkat harga.

   Inflasi desakan biaya terjadi akibat adanya kelangkaan produksi atau juga termasuk adanya kelangkaan distribusi, walaupun permintaan secara umum tidak ada perubahan yang meningkat secara signifikan.

   Berdasarkan asalnya, inflasi dapat digolongkan menjadi dua yaitu inflasi yang berasal dari dalam negri dan inflasi yang berasal dari luar negri. Inflasi berasal dari dalam negri misalnya terjadi akibat terjadinya defisit anggaran belanja yang dibiayai dengan cara mencetak uang baru dan gagalnya pasar yang berakibat harga bahan makanan menjadi mahal. Sedangkan inflasi berasal dari luar negri adalah inflasi yang terjadi sebagai akibat naiknya harga barang impor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar