Selasa, 28 Desember 2010

Jawaban Soal UTS Dasar Pemasaran

Perkembangan dari konsep pemasaran adalah konsep pemasaran perusahaan falsafah atau anggapan yang dipercaya oleh perusahaan sebagai dasar dari setiap kegiatannya untuk melayani kebutuhan konsumen.
Contoh : suatu pabrik sepatu memproduksi lebih dari 20 pasang sepatu setiap bulannya,lalu      sepatu – sepatu itu dijual kepada penjual untuk dipasarkan kepada konsumen.
2.     Sistem pemasaran adalah pola hubungan dari pelaku – pelaku kegiatan pemasaran yang mempunyai tujuan transaksional tertentu.
Contoh : suatu perusahaan handphone akan memasarkan handphone – handphone merk terbaru lewat distributor kemudian distributor tersebut akan memasarkan kembali kepada konsumen lewat transaksi jual beli.
Lingkungan pemasaran adalah struktur dari sistem pemasaran terbentuk oleh dua komponen subsistem lingkungan utama. Yaitu subsistem lingkungan internal dan subsistem lingkungan eksternal.
3.     Faktor – faktor yang membentuk sistem pemasaran :
a.      Lingkungan internal : aspek pemasaran dan aspek non pemasaran
b.     Lingkungan eksternal : lingkungan luar – makro dan lingkungan luar – mikro
Contoh : apabila seorang konsumen ingin memiliki suatu barang yang jumlahnya sedikit dan dia tidak mendapatkannya pasti akan merasa kecewa, oleh sebab itu pemasar harus memproduksi barang tersebut lebih banyak lagi agar kepuasan konsumen trepenuhi.
4.     Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli merupakan respons peerilaku atas stimulan yang diterima konsumen. Model yang mendasarkan pada arus proses perilaku konsumen ini sering dikenal sebagai medel rangsang – tanggapan.
Contoh : motivasi seseorang membeli baju bermerk terkenal sebenarna adalah karena untuk dapat diterima dalam kelompok masyarakat kalangan tertentu.


5.     Faktor –faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian :
·       Aspek kultur
·       Subkultur
·       Klas sosial
·       Kelompok referensi
·       Keluarga
·       Peran
·       Status seseorang dalam kehidupan kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar