Sabtu, 21 Mei 2011

E-COMMERCE

    Pengertian E-commerce ( perdagangan elektronik ) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronok seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis.

   E-commerce merupkan bagian dari E-business di mana cakupan E-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, E-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data ( data base ), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

   E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan disuatu halaman web (website). Menurut Riset Forrester perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$ 12,2 milyar pada tahun 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober tahun 2006 yang lalu pendapatan ritel on-line yang bersifat non travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat triliyun dolar US pada tahun 2011.
Beberapa apliksi umum yang berhubungan dengan E-commerce :
   a. e-mail dengan messaging
   b. content management system
   c. dokumen, spreadsheet, database
   d. akunting dan sistem keuangan
   e. informasi pengiriman dan pemesanan
   f. pelaporan informasi dari klien dan enterprise
   g. sistem pembayaran domestik dan internasional
   h. news group
   i. on-line shopping
   j. conferencing
   h. online banking
Perusahaan yang terkenal antara lain : ebay, yahoo, amazon.com, google, dan paypal..




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar