Selasa, 17 Mei 2011

Ibnu Sina ( Ahli Kedokteran yang Cerdas )

    Di daerah padang ternyata ada rumah sakit yang terkenal yaitu Rumah Sakit Ibnu Sina, ternyata nama rumah sakit itu diambil dari nama seorang ahli kedokteran islam yang bernama Ibnu Sina, orang barat sana mengenalnya dengan nama Avicenna. Beliau adalah ahli kedokteran terulung didunia, nama aslinya Abu Ali al-hussian Ibnu Abdullah, beliau dilahirkan di Bukhara pada tahun 980 M - 1037 M..
    Beliau merupakan tokoh ilmuan muslim yang berpengetahuan luas. Karena kepintaran dan kemahirannya terhadap bidang kedokteran, Ibnu Sina pun di beri gelar al-syeikh al-Rais  atau Bapak Krdokteran Modern. Beliau dikenal sebagai filosofi, ilmuan, dokter, dan juga seorang penulis..
   Pengetahuan Ibnu Sina tidak hanya dalam bidang kedokteran saja, beliau juga ahli dibidang metafisika, astronomi, sastra, musik, dan filosofi. Penguasaannya terhadap berbagai disiplin ilmu menjadikannya sebagai seorang tokoh ilmuan yang serba bisa..
Karyanya yang sangat terkenal adalah :
  • Qanun fi Thib ( Canon of Medicine ) ( Terjemahan bebas : Aturan Pengobatan )
  • Asy Syifa ( terdiri dari 18 jilid  berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan )
  • an Najat 
   Beliau merupakan tokoh ilmuan muslim yang memiliki kepandaian yang luar biasa, ketika berusia 5 tahun beliau telah menghafal Al-quran dan seorang ahli puisi Persia. Ibnu Sina mempelajari ilmu kedokteran pada usia 16 tahun. Pada usia itu, beliau menemukan metode - metode baru perawatan. Ibnu Sina muda menjadi fisikawan pada usia 18 tahun..
   Selama hidupnya, Ibnu Sina telah menulis lebih kurang 450 buah buku. Karya - karyanya itu terbagi atas 43 buku kedokteran, 24 buku filsafat, 26 buku fisika, 31 buku teknologi, 23 buku psikologi, 15 buku matematika, 22 buku logika, dan 5 buku di bidang interpretasi Al-quran. Diluar bidang itu, ia juga banyak menulis buku tentang musik, percintaan, pertapaan, dan juga sejarah. Ibnu Sina wafat pada tahun 1037 M di Hamadan Iran, karena penyakit maag yang kronis. Ia wafat ketika sedang mengajar di sebuah sekolah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar