Jumat, 04 Januari 2013

MADU


MADU dikenal sebagai salah satu bahan alami dengan sejuta manfaat. Siapa saja bisa mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan dari madu. Mulai dari bayi dalam kandungan hingga anak remaja bisa menikmati manisnya madu.
 
Madu dikenal sangat bagus untuk wanita hamil. Banyak peneliti mengatakan madu bagus  untuk memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ibu. Selain itu, madu juga dapat membangun stamina wanita hamil serta kesehatan bayi selama kehamilan, demikian yang dilansir Magforwoman.

Bukan hanya ibu hamil yang bisa menikmati manfaat madu. Ternyata madu juga bermanfaat untuk bayi. Madu membantu otak bayi untuk berkembang. Otak bayi berkembang setiap hari. Otak bayi akan terus berkembang sampai dia berusia lima tahun. Madu memberikan nutrisi penting untuk tubuh bayi. Yang  pada akhirnya membantu dalam pertumbuhan otak bayi dan dapat meningkatkan IQ dan EQ bayi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak apakah bayi Anda bisa mendapatkan asupan madu dan dosis yang diberikan.

Saat bayi Anda tumbuh menjadi balita dan anak-anak, madu masih memberikan Anda manfaat yang luar biasa. Madu dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak. Ini karena madu mengandung unsur lengkap vitamin B. Hal ini membuat anak-anak menjadi sehat, ceria dan energik. Madu juga melindungi mereka dari penyakit. Jadi, jika anak Anda adalah pemilih makanan, cobalah untuk memberikan asupan madu dan lihat perbedaannya.
 
Dan ketika anak Anda beranjak dewasa, madu juga masih memberikan manfaatnya untuk kesehatan mereka. Madu sangat bagus untuk remaja, Anda bisa menyertakan madu dalam makanan sehari-hari anak remaja Anda dan membuat mereka lebih sehat. Madu memberikan nutrisi yang baik untuk remaja. Ini membantu dalam pertumbuhan tubuh mereka.

Manfaat madu untuk kesehatan :
1.     Mencegah Kanker dan Serangan Jantung
Didalam madu terdapat flavonoid yang merupakan salah satu jenis senyawa antioksidan yang membantu mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit jantung.
2.     Mencegah Gangguan Pencernaan
Sebuah penelitian terbaru berhasil menunjukkan bahwa manfaat madu dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan susah buang air besar karena madu mengandung serat.
3.     Anti bakteri dan Anti Jamur
Semua madu memiliki sifat antibakteri, karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida. Senyawa ini mampu bersifat anti bakteri dan jamur.
4.     Kinerja Atletik
Atlet Olimpiade pada zaman dahulu mengkonsumsi madu untuk meningkatkan kinerja mereka. Di era modern seperti ini madu dikembangkan menjadi suplemen penambah daya tahan.
5.     Mengurangi Batuk
Manfaat madu berikutnya adalah pereda batuk. Ada salah satu jenis madu yang ampuh dalam meredakan batuk yaitu madu soba.
6.     Menyembuhkan Luka
Sejak zaman dahulu gula dikenal sebagai pengobat luka. Setelah dilakukan penelitian ternyata madu memang terbukti dapat mengobati luka dan juga mengandung anti bakteri.

7.     Probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik yang diperlukan tubuh. Ada beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri seperti ini.

Manfaat madu untuk kulit :
1.      Memelihara nutrisi kulit

Selain mengandung air dan gula alami, madu juga mengandung nutrisi untuk kulit, termasuk vitamin, mineral, dan asam amino. Madu juga menawarkan antioksidan yang kuat termasuk asam caffeic dan catechin yang menjaga tubuh dan kulit dari kerusakan oksidatif dan lingkungan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi madu murni secara langsung atau dengan mencamourkannya pada makanan atau minuman.

2.      Mengatur dan mempertahankan kelembaban kulit

Madu asli mampu menarik kelembaban alami dari udara ke dalam kulit dan menjaga kulit dari kekeringan. Produk kecantikan yang mengandung madu biasanya menjadi pilihan utama untuk semua jenis kulit, terutama orang dengan kulit berminyak untuk mencegah kulit tetap lembab dan sehat.

3.      Menangkal bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat

Ketika madu diencerkan, komponen alaminya akan bereaksi dan membentuk hidrogen peroksida. Senyawa ini bertindak sebagai antiseptik untuk meningkatkan kekebalan kulit Anda dan menangkal bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan membantu kulit Anda lebih cepat sembuh dari luka. Pilihlah produk kecantikan yang menawarkan khasiat madu di dalamnya.

4.      Menyeimbangkan bakteri probiotik yang baik bagi tubuh dan kulit

Anda mungkin pernah mendengar kata probiotik, yaitu bakteri sehat yang ditemukan dalam yoghurt dan sebagainya. Probiotik adalah hal besar selanjutnya yang bermanfaat dalam perawatan kulit.





SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar