Sabtu, 05 Januari 2013

Manfaat Pepaya


Pepaya ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat beraneka ragam. Tidak hanya buahnya, ternyata daunnya juga sangat bermanfaat. Untuk mendapatkannya tidaklah terlalu sulit, karena pepaya ada banyak disekitar kita. Bahkan ibu-ibu di desa sering memanfaatkan daun yang masih muda untuk sayur, bunganya untuk dibuat oseng-oseng, buahnya yang masih muda dimanfaatkan untuk dibuat manisan, ada juga yang memasak buah pepaya muda untuk dibuat sayur lodeh dan oseng-oseng.

Buah Pepaya memang mempunyai banyak manfaat dari daun, bunga, buah yang masih muda dan yang sudah masak mempunyai khasiat dan manfaat yang berbeda-beda

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan
1.     Manfaat pepaya sebagai pelangsing tubuh
Jika ingin tubuh kalian lebih langsing, kalian bisa mengkonsumsi buah pepaya secara teratur. Karena enzim didalamnya dapat mengurangi protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.

2.     Manfaat pepaya agar awet muda
Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya ari buah apel. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori – pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah.

3.     Manfaat pepaya yang dapat melawan penyakit jantung
Buah pepaya dapat melawan penyakit jantung karena nutrisi dalam pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Karena ketika kolesterol menjadi teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan plak yang dapat menyebabkan serangan jantungdan stroke.

Manfaat pepaya untuk kecantikan :
1.      Membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculya ketombe. (dengan sesering mungkin mengkonsumsinya)

2.      Bisa menghambat penuaan dini. Karena mengandung banyak sekali unsur yang mdmbantu memerangi radikal bebas, karena radikal bebas  adalah penyebab timbulnya penuaan dini.

3.      Bisa memutihkan kulit, Caranya ambil buah pepaya muda (belum terlalu matang dan masih bertekstur keras) lalu parut dan tambahkan beberapa tetes jeruk nipis. Ratakan campuran parutan pepaya dan tetesan jeruk nipis kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ingin anda putihkan, Lakukan secara rutin setiap seminggu sekali sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.

4.      Bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Karena kandungan papain dalam pepaya , yakni enzim yang dapat mengurangi peradangan. Caranya cukup dengan menghaluskan buah pepaya lalu pakailah sebagai masker wajah, biarkan mengering selama 15-20 menit kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.

Manfaat daun pepaya
Selain rasanya yang pahit-pahit enak, ternyata daun pepaya mempunyai manfaat yang banyak diantaranya adalah :
1.      Untuk Obat jerawat
2.     Bisa Memperlancar pencernaan
3.     Menambah nafsu makan
4.      Untuk Demam berdarah
5.     Mengurangi Nyeri haid

Manfaat Buah pepaya dan daunnya memang sangat banyak. Kita saja yang kurang bisa memanfaatkannya. Kadang malah sebaliknya menganggap remeh buah pepaya. Mulai sekarang yuuk kita biasakan untuk memasukkan buah pepaya dalam menu buah harian  kita. 

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar