Minggu, 17 Februari 2013


Manfaat Minyak Zaitun

sebagaimana telah diketahui khalayak, bahwa manfaat minyak zaitun telah dirasakan oleh peradaban masa lampau, yang dalam beberapa sumbe rdisebutkan sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu peradaban yang pertama kali menggunakan manfat minyak zaitun adalah masyarakat di sekitar laut Tengah (Laut Mediterania). Tak heran bangsa bangasa disekitar Laut Tengah seperti Spanyol, Italia, Yuanani disebut-sebut  sebagai pengkonsumsi sekali produsen minyak zaitun terbesar di dunia. Manfaat minyak zaitun sendiri hingga kini masih dapat dirasakan dengan berbagai macam tehnik pengolahan yang terus dikembangkan.

Mengenal Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun sudah banyak dibuktikan dan dirasakan masyarakat, lalu sebenarnya apa  sih bahanbaku minyak zaitu? Menurut beberapa artikel herbal, Minyak zaitun diambil  dari buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea Europaea)
Minyak zaitun punya beberapa jenis di pasaran. Bisaya ada 3 jenis, yaitu : Sulingan, Extra Virgin dan Murni. Berikut penjelasanya.

·       Minyak Zaitun Sulingan
Minyak zaitun yang jenis pertma adalah sulingan. Jenis ini merupakan jenis minyak zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan, setelah proses pertama. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis. Jenis ini manfaat minyak zaitun nya sudah sangat berkurang karena sudah melewati beberapa tahap penyulingan.

·       Minyak Zaitun Murni
Salah satu ciri Minyak zaitun yang murni biasanya berwarna hijau kekuningan. Manfaat minyak zaitun jenis murni ini yang paling baik adalah untuk masak dengan pemanasan yang tidak terlalu lama. Jenis minyak zaitun murni adalah hasil proses lanjutan dari jenis yang extra virgin.  Harga pasaran biasanya lebih rendah dari jenis sulingan dan extra virgin.

·       Minyak Zaitun Extra Virgin
Ciri jenis extra virgin : kehijauan, memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Minyak ini sangat tidak disarankan  untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Cara mengambil manfaat minyak zaitun jenis extra virgin adalah langsung dikonsumsi.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan
1.   Baik Untuk Jantung
Diperkirakan  bahwa minyak zaitun bermanfaat bagi pasien jantung. Kandungan Antioksidan dalam extra virgin olive oil dapat menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, Minyak zaitun mudah dicerna.
2.   Menurunkan Lemak Jahat
Minyak zaitun extra virgin kurang kalori yang mencegah Anda lemak jahat yang dapat menyebabkan obesitas. Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun mengurangi risiko arteriosklerosis dan penyakit peredaran darah lainnya. Karena minyak zaitun mudah dicerna, maka dapat mencegah sembelit.Flushes keluar racun minyak zaitun dan mempromosikan fungsi sehat dari saluran pencernaan.


3.   Menyembukan Bisul
Gunakan minyak zaitun extra virgin untuk memasak. Ini mengurangi bisul dan gastritis juga menyembuhkan. Omega-3 asam lemak dalam minyak zaitun menurunkan tekanan darah.

4.   Melindungi tubuh dari Diabetes
Lemak tak  jenuh dalam minyak zaitun juga melindungi tubuh dari diabetes. Jika Anda menderita arthritis atau asma, sertakan minyak zaitun dalam menu makanan harian Anda.

5.   Anti Anging
Untuk lebih memperlambat proses penuaan, mulailah menggunakan minyak zaitun. Minyak ini kaya akan vitamin A, E, B1, B2, C, D, dan zat besi. Vitamin E dan asam lemak dapat melembabkan kulit dan melindunginya dari keriput atau penuaan.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan
1.   Melembutkan rambut
Tidak perlu menggunakan kondisioner hanya untuk mendapatkan rambut lembut, cukup gunakan olive oil untuk mendapatkannya. Basahi rambut anda dengan air lalu oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air.
2.   Melembutkan kulit
Buang semua lotion yang anda gunakan sebagai pelembut kulit yang belum tentu cocok dan aman bagi jenis kulit anda. Cukup gunakan minyak ini untuk mendapatkan kulit lembut. Masukkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air lalu gunakan untuk mandi. Bukan hanya itu saja, jika keadaan darurat, anda bisa menggunakannya sebelum bercukur untuk melindungi kulit dari bahaya tajamnya mata pisau yang digunakan saat bercukur.
3.   Mengatasi telapak tangan dan kaki yang kering
Anda tentu pernah mengalami hal ini. Oleh sebab itu banyak produk kecantikan yang mengklaim bahwa produk buatan mereka mampu mengatasi masalah tersebut, entah benar atau tidak klaim tersebut anda sendiri yang menilainya. Berbeda dengan produk-produk tersebut, minyak zaitun dapat mengatasi telapak tangan dan kaki yang kering. Cukup oleskan minyak ini ke bagian tubuh tersebut lalu diamkan selama beberapa puluh menit, anda baru boleh membilasnya setelah minyak tersebut telah meresap ke dalam jaringan kulit.
4.   Menyehatkan dan menghilangkan warna kuning pada kuku
Siapkan air secukupnya lalu masukkan minyak zaitun beberapa tetes, campurkan ke dalamnya perasan jeruk nipis. Setelah semuanya siap anda hanya perlu merendam kukuanda selama 5 menit. Lakukan secara teratur selama tiga hari dan anda akan melihat hasilnya. Jika proses tersebut terlalu sulit, anda bisa mengoleskan minyak zaitun yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis pada kuku-kuku anda. Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bersihkan.
5.    Mengangkat semua noda makeup
Hangatkan beberapa tetes olive oil lalu oleskan ke kapas. Usap pelan-pelan wajah anda dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi tersebut
.
6.   Mengatasi bibir pecah-pecah
Oleskan minyak zaitun secara merata ke bibir, diamkan sampai mengering dan lakukan hal tersebut secara rutin sampai masalah benar-benar teratasi.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar